Selasa, 13 November 2012

teknik mengapung, meluncur, dan bernafas renang sekolah dasar kelas 1


A.    Pengajaran Teknik Mengapung
Teknik dasar penting dalam renang yang pertama ialah mengapung. Cara mengajarkan teknik mengapung di air adalah menyuruh anak untuk pasrah di dalam air dalam berbagai posisi, misalnya tengkurap, terlentang, jongkok di air, dan sebagainya.
·         Dalam posisi berdiri, anak diperintahkan untuk memasukkan kepalanya ke air sambil melentangkan tangan dengan pasrah. Ini dilakukan selama beberapa detik, tergantung seberapa kuat anak menahan nafas di air.
·         Melakukan gerakan seperti yang sebelumnya, ditambah dengan mengangkat salah satu kaki ke permukaan air.
·         Melakukan gerakan seperti yang sebelumnya, ditambah dengan mengangkat kaki yang satunya lagi satu kaki ke permukaan air. {Mengapung di air dengan seluruh anggota badan pasrah dalam posisi tengkurap}.
·         Membentuk kelompok, tiap kelompok 3 orang. Tiap kelompok membentuk formasi segitiga dengan bergandengan tangan. Melakukan teknik mengapung sambil bergandengan tangan dengan teman.





B.     Pengajaran Teknik Mengambil Nafas
Teknik dasar penting dalam renang yang kedua ialah mengambil nafas. Mengambil nafas yang benar adalah melalui mulut dan menghembuskan nafas di air bisa melalui mulut ataupun hidung.
·         Dalam posisi berdiri, anak disuruh memasukkan kepala dalam air lalu menghembuskan nafas di dalam air lewat mulut atau hidung, lalu menahan nafas selama 4 detik. Untuk lebih aman {agar anak tak tersedak air}, menghembuskan nafas lewat mulut.
·         Masih dengan gerakan seperti tadi, setelah 4 detik anak disuruh untuk menengokkan kepala ke kanan atas dan ke kiri atas untuk mengambil nafas lewat mulut. Lalu memasukkan kepala ke dalam air lagi.
·         Untuk memperkuat pernafasan anak, waktu untuk membenamkan kepala di air bisa ditambah, misalnya 8, 10, 12 detik.

C.     Pengajaran Teknik Meluncur
Teknik dasar penting dalam renang yang ketiga ialah meluncur. Meluncur ada 2, yaitu secara statis dan dinamis. Meluncur secara statis ialah dengan bantuan teman. Cara mengajarkannya, secara berpasangan anak disuruh menarik atau mendorong  temannya yang sedang dalam posisi meluncur {sejajar dengan air} dengan bergantian. Pada saat meluncur boleh sambil mengambil nafas.
 











·         Dibuat kelompok, masing-masing 3 orang.
·         Masing-masing anak memposisikan diri seperti pada gambar.
·         Cara mendorong teman : Telapak tangan yang satu menyangga kedua punggung kaki teman, telapak tangan yang satu lagi mendorong telapak kaki teman.
·         Cara menarik teman : Berdiri menghadap ke teman yang ditarik dan memegang kedua tangan teman sambil berjalan mundur.
·         A mendorong B sampai di posisi 2, A menempati posisi 2, lalu C menarik B sampai posisi 3.
·         B mendorong C sampai di posisi 2, B menempati posisi 2, lalu A menarik C sampai ke posisi 1.
·         C mendorong A sampai di posisi 2, C menempati posisi 2, lalu B menarik A sampai posisi 3.
·         Pada saat didorong, anak mengambil nafas kearah kanan, sedangkan pada saat ditari anak mengambil nafas kearah kiri
·         Begitu seterusnya.
·         Cara mendorong  divariasikan dengan mendorong secara kuat lalu membiarkan teman meluncur sendiri.

Meluncur secara dinamis artinya dengan bantuan diri sendiri. Ini bisa dilakukan dengan menumpu pada dinding kolam renang atau dari posisi berdiri kemudian meluncur ke depan. Guru dapat langsung mencontohkannya pada siswa atau mengarahkan bagaimana teknik meluncur yang benar.
·         Teknik meluncur dengan menumpu pada dinding kolam :
o   Kedua telapak tangan disatukan dengan ibu jari saling mengkait. Kedua tangan lurus ke depan.
o   Bungkukkan badan ke depan dan sejajarkan dengan air.
o   Salah satu kaki menumpu pada dinding kolam dengan posisi menekuk. Kaki yang satunya menyusul menumpu dinding sambil pantat agak ditarik mendekati dinding.
o   Segera setelah itu dorong dengan kuat dan meluncur ke depan dengan tumpuan kedua kaki pada dinding tadi.
o   Saat meluncur jangan melakukan gerakan apapun untuk meminimalkan hambatan air sehingga hasil luncuran bisa maksimal.
·         Teknik meluncur dari posisi berdiri :
o   Kedua telapak tangan disatukan dengan ibu jari saling mengkait. Kedua tangan lurus ke depan.
o   Bungkukkan badan ke depan dan sejajarkan dengan air.
o   Meluncur ke depan.
 









·         Tiap anak menempati posisi seperti pada gambar.
·         B meluncur dengan menumpu pada dinding kolam
·         Lalu C meluncur dari posisi berdiri
·         A meluncur dengan menumpu pada dinding kolam, dan begitu seterusnya.

2 komentar:

  1. Saya kurang bisa teknik mengapung ni om, cara yang lain apa tekniknya om,

    BalasHapus